Home » » PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI 2

PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN KELAS XI 2




KEGIATAN BELAJAR

1. Kegiatan Belajar 1 : Sistem Pengaliran Bahan bakar

      a.  Tujuan Kegiatan Belajar 1

            Setelah mempelajari topik ini diharapkan siswa mampu :
                  1).  Menjelaskan sistem pengaliran bahan bakar motor bensin
                  2).  Menjelaskan prinsip pembentukan campuran bahan bakar  bensin
                  3).  Menyebutkan macam–macam alat pencampur pada motor  bensin
                  4).  Menyebutkan macam–macam arah aliran gas pada   karburator
5).  Menyebutkan macam – macam venture
                  6).  Menyebutkan macam-macam jumlah ruang pencampur
   7).  Menjelaskan prinsip kerja sistem utama

b.  Uraian Materi 1

Sistem bahan bakar bensin berfungsi menglirkan bensin dari tangki ke karburator, membentuk campuran bahan bakar (bensin) dan udara serta mengatur jumlah campuran yang diisap mesin agar campuran bensin + udara sesuai kebutuhan (misalkan : ubntuk idle, beban rendah, beban penuh dsb.) Komponen yang terpenting dari sistem ini adalah karburator, tetapi selain karburator komponen berikut juga penting.
1.   Pompa bensin (fuel pump) untuk mengalirkan bensin dari tangki ke karburator.
2.   Saringan bahan bakar (fuel filter) untuk menyaring kotoran agar bensin yang masuk ke karburator bersih.
3.   Katup pembatas tekanan untuk mencegah timbulnya tekanan yang berlebihan akibat kerja pompa dan tercukupinya jumlah bensin di karburator.

Sistem pengaliran bahan bakar
Fungsi bagian-bagian utama :
1.    Pompa untuk mengalirkan bensin dari tangki ke karburator.
2.    Saringan bensin untuk menyaring kotoran agar yang masuk ke karburator bersih .
3.    Katup pembatas tekanan untuk mencegah timbulnya tekanan yang berlebihan akibat kerja pompa dan tercukupinya jumlah bensin di karburator.

Persyaratan sistem pembentukan campuran :
  1. Perbandingan campuran bensin/udara harus sesuai dengan keperluan motor
  2. Perbandingan campuran bensin/udara harus sesuai dengan keperluan motor
  3. Campuran bensin/udara harus sehomogen mungkin
  4. Jumlah campuran yang diisap motor harus dapat diatur
UNTUK MATERI LEBIH LENGKAP silahkan unduh disini

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.